Laman

Jumat, 04 Mei 2012

Review Buku Manusia Indonesia

Penulis: Mochtar Lubis
Dalam buku ini diceritakan bahwa sesungguhnya manusia indonesia ini benar-benar buruk, bahkan orang belanda menganggap manusia indonesia itu amat khianat tidak mau memegang teguh perjanjian amat suka membunuh , mau berperang saja dan lainnya, namun dibalik itu ada juga sifat yang mencirikan manusia indonesia yaitu, ramah tamahnya , hormat, tenang serta sifat lainnya yang terlalu banyak untuk dijelaskan.  Manusia Indonesia idealnya adalah menurut ideologinya menjadi manusia pancasila. Begitu banyak yang mengartikan manusia indonesia baik dari agama ataupun atau sektor lainnya. Banyak pula yang mengartikan manusia indonesia adalah tanggapan dari seseorang itu sendiri.  bagaimanapun juga ternyata bahasa Indonesia itu merupakan inti.  Banyak juga pantun-pantun yang memperkenalkan dan membuktikan suatu perlakuan yang tidak boleh dilakukan seperti free sex.
Salah satu ciri manusia indonesia yang cukup menonjol ialah hipokritis dan munafik. Ciri kedua dari manusia indonesia adalah segan dan enggan bertanggung jawab atas perbuatannya , putusannya, kelakuannya, pikirannya dan sebagainya. Ciri ketiga manusia indonesia innni adalah ciri feodalnya . Ciri keempat adalah bahwa manusia indonesia itu adalah manusia yang percaya dan menjalankan takhayul serta mereka mempercayai pada segala hal-hal yang mistis. Ciri kelima dari manusia indonesia adalah artistik , mereka bermain dengan naluri dan perasaan, yang dapat mengembangkan daya pikir untuk semakin artistik lagi dan menciptakan produk kerajinan yang semakin kreatif dan inovatif. Ciri keenam manusia indonesia adalah mempunyai watak yang lemah dan karakter yang kurang kuat. Dia mudah dan jika sudah klop maka ia langsung masuk dan berani untuk mengubah keyakinannya.
Ciri lainnya, mungkin konsep binatang ekonomi tidak melekat pada masa sekarang namun yang terjadi adalah bahwa manusia indonesia itu bersifat konsumtif terutama pada barang-barang yang benar-benar kita impikan. Kini manusia Indonesia itu menjadi sosok yang kurang sabar dan senang menggerutu. Meraka akan terhasut dengan perasaan iri , dengki yang harus dihindari. Ciri lainnya adalah bahwa masyarakat indonesia itu gampang merasa senang dan bangga, tukang tiru. Pribadi dan watak sikap dan tingkah laku manusia dan nilai-nilai Yang didukungnya dibentuk oleh masyarakat lingkungannya, almnya, dan ada pula pikiran internal ataupun kesadaran diri sendiri. Dunia ini boleh dikaitkan maju namun ekonominya belum sejajar,  mereka lebih condong kedalam teknologi dan jadi bahan pertimbangan. Karena teknologi itu satu demi satu dapat memecahkan beberapa masalah. Dunia Indonesia yang dipandang oleh oleh beberpa ahli mengatakan bahwa negara Indonesia layaknya surgawi yang ada dibumi.  Namun yang patut dipahami adalah sejelek apapun keadaan manusia indonesia itu buruk maupun baik yang perlu digaris bawahi adalah bahwa ini hanya sekedar opini semuanya akan kembali kepada pikiran dan tanggapan individu masing-masing.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar